Senin, 02 April 2012

Asuransi Pendidikan Yang Tepat Untuk Pendidikan Anak


Asuransi Pendidikan sangat penting untuk dimiliki oleh para orangtua di Indonesia yang ingin mempersiapkan masa depan pendidikan anaknya sedini mungkin.  Hal ini mengingat bahwa inflasi rata-rata di indonesia dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini adalah 12%-15%, sedangkan kenaikan biaya pendidikan riil yang nantinya harus ditanggung lebih tinggi yaitu berkisar antara 20%-25%, bisa dibayangkan dana yang kelak kita butuhkan untuk menyekolahkan anak kita sangat mahal.

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Yang Tepat

Dalam memilih Asuransi Pendidikan sebaiknya kita mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut 
  1. Kemana anak akan disekolahkan untuk masing-masing jenjang pendidikan yang akan dilalui ( SD, SMP, SMA, universitas). 
  2. Berapa besarnya biaya pendidikan tersebut saat ini dan bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan kelak dengan menggunakan metode time value for money. 
  3.  Berapa berapa besar premi yang harus dibayarkan dan bandingkan dengan nilai tabungan pendidikan yang dapat ditarik ketika masa penarikan tiba. Dari situ dapat  kita ketahui apakah dana yang akan diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. 
  4.  Ketahui seberapa fleksibel nilai tunai atau tahapan dana pendidikan tersebut bisa ditarik. Karena  banyak dari tahapan dana pendidikan tidak bisa ditarik kecuali pada tahun-tahun yang telah ditentukan dalam polis seperti tahun ke 7 untuk masuk SD, tahun ke 12 untuk masuk SMP dan seterusnya.
Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat bagi masa depan pendidikan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar